Membudidayakan Cinta Lingkungan Melalui Jumat Bersih






           
Kebersihan adalah sebagian daripada iman, begitulah petuah yang sering kita dengar semenjak duduk di bangku sekolah. Itulah mengapa pentingnya diterapkan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk diri kita sendiri maupun lingkungan sekitar. Jika kebersihan sudah tertanam pada diri kita, maka otomatis lingkungan sekitar pun juga ikut bersih. Hal inilah yang menjadi alasan utama dari kelompok KKN 65 untuk mencanangkan kembali kegiatan jumat bersih di Desa Dapenda, yang beberapa waktu silam sempat terhenti kegiatannya atau vakum. Kegiatan jumat bersih menjadi salah satu program kerja dari KKN kelompok 65. Rencananya, kegiatan Jumat Bersih akan dilaksanakan seminggu sekali dengan sasaran utama di sekitar rumah warga desa Dapenda yang berlokasi baik di jalan setapak maupun di pinggiran jalan raya.
Kepala Desa Dapenda ikut serta membersihkan lingkungan desa bersama warga
Rencananya, kegiatan Jumat Bersih akan kami laksanakan selama 3 kali selama kami mengabdi di Desa Dapenda. Kegiatan Jumat Bersih yang sudah terealisasi sebanyak 2 kali. Pertama, dilaksanakan di area rumah warga kemudian kedua kalinya bertempat di area kediaman rumah Bapak Kepala Desa Dapenda. Kegiatan Jumat Bersih yang sudah terlaksana berlangsung sesuai dengan rencana. Kami pun dibantu perangkat beserta warga Desa Dapenda yang ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan Jumat Bersih tersebut. Kegiatan ini bukan bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan semata, namun juga menambah keakraban dengan warga Desa Dapenda.
Melalui kegiatan Jumat Bersih tersebut, maka kebersihan lingkungan di Desa Dapenda akan terjaga. Semoga ke depannya kegiatan Jumat Bersih menjadi kebiasaan yang membudaya di lingkungan Desa Dapenda. Jika lingkungan terjaga kebersihannya, maka akan berpengaruh terhadap terhadap kehidupan sosial masyarakat setempat.
Previous
Next Post »