Mencerdaskan Generasi Bangsa melalui Bimbingan Belajar


Bimbingan Informasi Teknologi di SDN Dapenda 01

Bimbingan Bahasa Inggris di SDN Dapenda 02


Bimbingan belajar yang menjadi salah satu program kerja dari KKN kelompok 65 menjadi kegiatan yang paling penting. Dimana bimbingan belajar bertujuan untuk menambah wawasan para siswa. Bimbingan belajar dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 2 pekan, hal tersebut dikarenakan waktu mengabdi dari KKN kelompok 65 sangatlah terbatas yakni selama  26 hari. Bimbingan belajar yang kami laksanakan berfokus pada 3 sekolah dasar yang terdapat di desa Dapenda yaitu SD Negeri 1 Dapenda, SD Negeri 2 Dapenda, dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar. Adapun kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan diantaranya memberikan pelatihan IT, pembelajaran Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

Kegiatan bimbingan belajar  tersebut diberikan khusus kepada siswa kelas 6 saja. Selain itu, kami dari kelompok 65 juga memberikan bimbingan belajar dalam bentuk pemberian les privat dimana para siswa bisa datang langsung ke Balaidesa Desa Dapenda yang notabene menjadi tempat tinggal kami sementara. Kegiatan bimbingan belajar juga dilakukan pada malam hari setelah isya’ yaitu pada hari senin dan hari rabu. Jadwal tersebut kami terapkan karena di malam hari merupakan waktu senggang dimana para siswa sudah selesai melakukan kegiatan mengaji di mushola.  

Selain memberikan bimbingan belajar dalam bentuk formal, kami dari kelompok KKN 65 juga memberikan bimbingan belajar dalam bidang religi yaitu mengajar mengaji. Waktu yang dipilih untuk mengajar mengaji juga kami terapkan selama 2 minggu dengan waktu yang sudah yakni pada hari selasa, kamis, dan jum’at. Disini kami tidak hanya mengajarkan mengaji, namun juga memberikan pembelajaran tambahan yaitu dengan memberikan pelajaran kesenian berupa mewarnai kaligrafi. Hal tersebut kami pilih guna mengisi waktu luang para santri seusai mengaji, memberikan warna dalam kegiatan mengajar mengaji agar para santri tidak merasa jenuh ketika sudah tidak ada kegiatan, selain itu juga dapat memberikan bekal berupa ketrampilan untuk para santri.

Bimbingan belajar di Balai Desa
Bimbingan belajar sendiri sudah berlangsung selama sepekan, dan mendapatkan respon yang baik dari para masyarakat khususnya Desa Dapenda. Para siswa dan santri pun sangat antusias mengikuti kegiatan bimbingan belajar yang kami canangkan. Hal tersebut terbukti ketika jadwal kegiatan bimbingan belajar tiba, para siswa datang ke balaidesa dengan tepat waktu. Selain itu mereka juga mengikuti kegiatan belajar dengan kondusif, begitupun yang dilaksanakan di mushola. Kami berharap di minggu kedua kegiatan bimbingan belajar juga berlangsung dengan lancar seperti yang sudah kami terpkan di minggu pertama.
Newest
Previous
Next Post »