Silaturahim Mahasiswa KKN Kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura dengan Masyarakat Desa Dapenda

KKN merupakan salah satu cara yang digunakan untuk para calon sarjana menyumbang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh di perguruan tinggi sebagai wujud keikutsertaannya dalam pembangunan khususnya pembangunan desa. Pada bulan Juli ini, Universitas Trunojoyo Madura juga melakukan upacara pelepasan KKN terhadap mahasiswa calon sarjana yang disebar ke 3 kabupaten yaitu Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Sumenep merupakan bagian destinasi KKN yang didapatkan oleh kelompok 65. Kelompok ini terdiri atas 14 anggota kelompok yang ditempatkan di kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Kecamatan Batang-Batang merupakan salah satu tempat tujuan KKN Universitas Trunojoyo Madura di Kabupaten Sumenep. Kecamatan ini terdiri dari 16 desa dengan potensi alam dan sumber daya manusia yang cukup melimpah. Salah satu desa di Kecamatan Batang-Batang yang menjadi lokasi KKN 65 UTM bertempat di Desa Dapenda. 

Desa Dapenda merupakan desa yang memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi, namun karena jarak yang cukup jauh dengan kota membuat desa ini kurang berkembang sehingga membutuhkan pemberdayaan dan pengembangan. Dengan adanya KKN 65 UTM di desa ini diharapkan mampu memberikan pengaruh yang lebih untuk perkembangan desa ini. Kegiatan KKN 65 diawali dengan perkenalan sekaligus pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan. Acara yang bertajuk “Silaturahim Mahasiswa KKN Kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura dengan Masyar

akat Desa Dapenda” dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2017 yang berlokasi di Balaidesa Dapenda berlangsung dengan khitmad. Acara tersebut dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dengan dihadiri oleh para perangkat Desa Dapenda, Tokoh Masyarakat, dan pemuda Desa Dapenda.

Acara tersebut diawali pembukaan dengan surat Al-Fatihah yang dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Trunojoyo Madura. Acara selanjutnya yakni sambutan dari saudara Homaidi yang mewakili KKN Kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Tokoh Masyarakat Desa Dapenda. Acara kemudian dilanjut dengan pemaparan program kerja dari KKN kelompok 65. Program Kerja KKN 65 UTM diantaranya adalah Branding produk, pembuatan manisan kelapa, penyuluhan BUMDes, dan pembuatan kerajinan dari batok kelapa. Selanjutnya diadakan pula sesi tanya jawab dan sharing hearing bersama masyarakat yang menghadiri acara ini. Dari diskusi yang berlangsung tersebut, masyarakat sangat berantusias terhadap program kerja yang akan dilaksanakan oleh KKN 65 UTM. Mereka juga memberikan masukan serta saran demi terlaksananya program kerja ini sehingga mampu membantu perkembangan desa Dapenda ini.
Oldest